CRITICAL BOOK REPORT (CBR) 2 (DUA)
1. IDENTITAS DIRI
Nama : Putri Nur Meyliani As
NIM : 0301171310
Prodi : PAI-4/IV
Dosen Pengampuh : Dr. H. Mardianto, M.Pd.
2. IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Strategi Pembelajaran
Penulis : Abdul Majid, M.Pd.
Penerbit : PT Remaja Rosdakarya
Tahun Terbit : 2017
3. ISI BUKU
A. Pengertian Strategi Pembelajaran
1). Makna strategi
Strategi adalah suatu pola yang direncanakan dan ditetapkan secara sengaja untuk melakukan kegiatan atau tindakan. Startegi mencakup tujuan kegiatan, siapa yang terlibat dalam kegiatan, isi kegiatan, proses kegiatan, dan sarana penunjang kegiatan.
2). Makna pembelajaran
Istilah pembelajaran bermakna sebagai upaya untuk membelajarkan seseorang atau kelompok orang melauli berbagai upaya dan berbagai strategi, metode, dan pendekatan ke arah pencapaian tujuan yang telah direncanakan.
3). Makna strategi pembelajaran
Startegi pembelajaran dapat diartikan sebagai prencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Maka, tujuan dari strategi pembelajaran adalah terwujudnya efisiensi dan efektifitas kegiatan belajar yang dilakukan peserta didik.
B. Jenis-jenis Strategi Pembelajaran
Berikut klasifikasi strategi pembelajaran dalam artikel Saskatchewan Educational (1991), yaitu :
1).Strategi pembelajaran langsung (direct instruction)
Strategi ini merupakan strategi yang berpusat pada guru (guru merupakan sumber belajar). Strategi ini akan efektif digunakan bila memperluas informasi, dan mengembangkan ketrampilan.
2). Strategi pembelajaran tidak langsung (indirect instruction)
Dalam startegi ini, peran guru beralih menjadi fasilitator, dan pendukung pembelajaran. Artinya, guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk terliat dan jika memungkinkan siswa dapat memberikan umpan balik untuk melakukan proses inkuiri dalam pembelajaran.
3). Strategi pembelajaran interaktif (interactive learning)
Staretgi ini merujuk pada bentuk diskusi dan saling berbagi informasi antar peserta didik. Hal ini menunjukkan sikap sosial pada diri peserta didik, dan menambah wawasan antar peserta didik.
4). Strategi pembelajaran melalui pengalaman (experiential learning)
Penekanan strategi pembelajaran ini adalah pada proses belajar bukan hasil belajar. Strategi ini cocok digunakan oleh guru pada pembelajaran di luar kelas.
5). Strategi pembelajaran mandiri
Belajar mandiri adalah strategi yang digunakan untuk membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri siswa.
Istilah Terkait dalam Strategi Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Pendekatan pembelajaran digambarkan sebagai kerangka umum tentang skenario yang digunakan guru untuk membelajarkan siswa dalam rangka mencapai suatu tujuan pembelajaran.
C. Metode pembelajaran
Metode pengajaran merupakan salah satu unsur dari strategi pembelajaran. Maka, metode pembelajaran penyajian efektif dari muatan suatu mata pelajaran sedemikian rupa sehingga dapat dipahami dan dimengerti dengan baik oleh peserta didik.
D. Teknik pembelajaran
Teknik pembelajaran adalah cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.
E. Taktik pembelajaran
Taktik pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual.
F. Model pembelajaran
Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajarandi kelas, atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya kurikulum, buku, komputer, dan lainnya.
Sasaran Kegiatan Pembelajaran
Setiap kegiatan belajar mengajar mempunyai sasaran atau tujuan. Tujuan tersebut bertahap dan berjenjang, mulai dari yang sangat operasional dan konkrit. Persepsi guru atau anak didik mengenai sasaran akhir kegiatan belajar mengajar akan mempengaruhi sasaran kegiatan. Sasaran itu harus diterjemahkan ke dalam ciri-ciri perilaku kepribadian yang didambakan.
G. Tahapan Kegiatan Pembelajaran
Secara umum, ada 3 pokok tahapan pembelajaran, yakni:
1).Tahap praintruksional (tahap yang ditempuh guru saat memulai pembelajaran);
2).Tahap intruksional (tahap pengajaran atau inti);
3).Tahap penilaian dan tindak lanjut (tahap evaluasi).
4. KELEBIHAN BUKU
Adapun kelebihan dari buku tersebut, adalah :
A. Identitas buku lengkap, seperti : judul, penerbit, tahun terbit, dan lainnya. Hal ini membuktikan bahwa buku tersebut berkualitas.
B. Pada isi buku terdapat peta konsep dan tabel yang digunakan untuk mempermudah para pembaca memahami isi buku tersebut, contoh tersebut terdapat pada halaman 6, 10, dan lainnya dalam buku.
C. Penulisan buku sudah sesuai dengan EBI (Ejaan Bahasa Indonesia), misalnya penggunakan bahasa asing ditulis dengan huruf miring, seperti : interactive learning.
D. Mengutip pendapat para ahli disertai dengan body note sebagai referensi, seperti : Rowntree dalam Wina Senjaya, 2008.
5. KEKURANGAN BUKU
Adapun kelemahan dari buku tersebut, adalah :
A. Tidak terdapat biografi penulis, sehingga para pembaca tidak mengetahui siapa yang memberikan ilmu dalam buku terebut secara rinci, agar buku tersebut tidak diragukan.
B. Pada sub judul “Istilah terkait dalam strategi pembelajaran”, kalimat stretegi pembelajaran dijadikan sebagai salah satu poin. Padahal, sub judul meminta istilah lainnya, tetapi penulis mengulang kembali kalimat “strategi pembelajaran” sebagai salah satu istilahnya. Hal tersebut terdapat pada halaman 12.
6. KONTRIBUSI untuk GURU PAI
Buku ini memberikan banyak sumbangan keilmuan cara mengajar yang tepat bagi seorang guru terkhusus untuk guru PAI. Sehingga, guru PAI dapat memilah bagaimana strategi, metode, teknik, taknik yang cocok digunakan dalam materi pembelajaran yang akan diajarkan, sehingga tujuan dari pembelajaran tercapai dalam waktu yang efisien dan efektif. Maka, calon guru terkhusus guru PAI disarankan untuk membaca buku ini, sebagai referensi cara mengajar yang baik dan benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar