BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Ilmu pendidikan agama Islam merupakan upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani ajaran agama Islam, diiringi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama hingga terwujud persatuan dan kesatuan bangsa.
Islam adalah agama yang sangat mementingkan akhlak dari pada masalah-masalah lain. Karena misi Nabi Muhammad diutus untuk menyempurnakan akhlak.Hal itu dapat kita lihat pada zaman jahiliyah kondisi akhlak yang sangat tidak karuan mereka melakukan hal-hal yang menyimpang seperti minum khamar dan berjudi.Hal-hal tersebut mereka lakukan dengan biasa bahkan menjadi adat yang diturunkan untuk generasi setelah mereka.Karena kebiasaan itu telah turun temurun maka pada awalnya pertama Nabi mengalami kesulitan, namun Nabi tetap berusaha untuk menyempurnakan akhlak manusia.Karena itulah Makalah ini membahas tentang materi aqidah akhlak SMA dan MA, dimana pada pembahasan kali ini mencakup keseluruhan dari kelas x, xi dan xii.
2. Rumusan Masalah
A. Bagaimanakah Standart Kompetensi Akidah Akhlak Kelas X Semester Ganjil?
B. Bagaimanakah Standart Kompetensi Akidah Akhlak Kelas X Semester Genap?
C. Bagaimanakah Peta Konsep Akidah Akhlak Kelas X Semester Ganjil?
D. Bagaimanakah Peta Konsep Akidah Akhlak Kelas X Semester Genap?
E. Bagaimanakah Standart Kompetensi Akidah Akhlak Kelas XI Semester Ganjil?
F. Bagaimanakah Standart Kompetensi Akidah Akhlak Kelas XI Semester Genap?
G. Bagaimanakah Peta Konsep Akidah Akhlak Kelas X I Semester Ganjil?
H. Bagaimanakah Peta Konsep Akidah Akhlak Kelas XI Semester Genap?
I. Bagaimanakah Standart Kompetensi Akidah Akhlak Kelas XII Semester Ganjil?
J. Bagaimanakah Standart Kompetensi Akidah Akhlak Kelas XII Semester Genap?
K. Bagaimanakah Peta Konsep Akidah Akhlak Kelas XII Semester Ganjil?
L. Bagaimanakah Peta Konsep Akidah Akhlak Kelas XII Semester Genap?
3. Tujuan Penulisan
A. Mengetahui Standart Kompetensi Akidah Akhlak Kelas X Semester Ganjil
B. Mengetahui Standart Kompetensi Akidah Akhlak Kelas X Semester Genap
C. Mengetahui Peta Konsep Akidah Akhlak Kelas X Semester Ganjil
D. Mengetahui Peta Konsep Akidah Akhlak Kelas X Semester Genap
E. MengetahuiStandart Kompetensi Akidah Akhlak Kelas XI Semester Ganjil
F. Mengetahui Standart Kompetensi Akidah Akhlak Kelas XI Semester Genap
G. Mengetahui Peta Konsep Akidah Akhlak Kelas X I Semester Ganjil
H. Mengetahui Peta Konsep Akidah Akhlak Kelas XI Semester Genap
I. Mengetahui Standart Kompetensi Akidah Akhlak Kelas XII Semester Ganjil
J. Mengetahui Standart Kompetensi Akidah Akhlak Kelas XII Semester Genap
K. Mengetahui Peta Konsep Akidah Akhlak Kelas XII Semester Ganjil
L. Mengetahui Peta Konsep Akidah Akhlak Kelas XII Semester Genap
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Standart Kompetensi Akidah AkhlakKelas X Semester Ganjil
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1. Meyakini kesempurnaan akidah Islam
1.2. Meyakini ajaran tauhid dalam kehidupan sehari-hari
1.3. Menghayati akhlak Islam dan metode peningkatan kualitasnya
1.4. Menghayati nilai akhlak terpuji
1.5. Menunjukkan sikap penolakan terhadap akhlak tercela
1.6. Menghayati makna syukur, qana‘ah, ridha, dan sabar
1.7. Menghayati adab kepada orang tua dan guru
1.8. Menghayati kisah keteladanan Nabi Yusuf As.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1. Memiliki akidah yang kukuh dalam kehidupan sehari-hari
2.2. Terbiasa bertauhid dalam kehidupan sehari-hari
2.3. Terbiasa menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak dalam kehidupan
2.4. Membiasakan akhlak-akhlak baik dalam kehidupan
2.5. Menghindarkan diri dari sifat-sifat buruk
2.6. Terbiasa bersyukur, qana‘ah, ridha, dan sabar dalam kehidupan
2.7. Terbiasa berakhlak terpuji kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
2.8 Meneladani sifat-sifat utama Nabi Yusuf As.
3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1. Menganalsis akidah Islam dan metode peningkatan kualitasnya
3.2. Menganalisi konsep tauhid dalam Islam
3.3. menganalisis akhlak Islam dan metode peningkatan kualitasnya
3.4. Menganalisis induk-induk akhlak terpuji (hikmah, iffah, syaja‘ah dan ‘adalah)
3.5. Menganalisis induk-induk akhlak tercela
3.6. Menganalisis makna syukur, qana‘ah, rida, dan sabar
3.7. Memahami adab kepada orang tua dan guru
3.8 Menganalisis kisah keteladanan Nabi Yusuf A.s.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
4.1. Mempraktikkan metode-metode peningkatan kualitas iman/ akidah islamiyah
4.2. Menunjukkan contoh prilaku bertauhid dalam Islam
4.3. Mempraktikkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak dalam Islam
4.4. Mempraktikan contoh akhlak yang baik (hikmah, iffah, syaja‘ah)
4.5. Menunjukkan contoh-contoh akhlak tercela
4.6. Menunjukkan contoh perilaku bersyukur, qana‘ah, rida, dan sabar
4.7. Mensimulasikan adab kepada orang tua dan guru
4.8. Menyajikan sinopsis kisah keteladanan Nabi Yusuf A.s.
2.2 Standart Kompetensi Akidah Akhlak Kelas X Semester Genap
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1. Menunjukkan sikap penolakan terhadap perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari
1.2 Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam 10 Asmaul husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami‘, al-‘Adl, an-Nafi‘, al-Basit, al-hafiz dan al-akhir
1.3 Menghayati perilaku husnuzzan, raja‘, dan taubat
1.4. Menunjukkan sikap penolakan terhadap perilaku licik, tamak, dzalim dan diskriminasi
1.5. Menghayati akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit
1.6 Menghayati keutamaan dan keteguhan Nabi-nabi Ulul Azmi
2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1. Menghindari perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari
2.2. Membiasakan diri untuk meneladani sifat Asmaul husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami‘, al-‘Adl, an-Nafi‘, al-Basit, al-hafiz dan al-akhir
2.3. Terbiasa berperilaku pusnuzzan, raja‘, dan taubat
2.4. Menghindari perilaku licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
2.5. Membiasakan akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit
2.6 Meneladani keutamaan dan keteguhan nabi-nabi Ulul Azmi’
3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1. Menganalisis perbuatan syirik dan macam-macam dan cara menghindarinya
3.2. Menganalisis makna 10 Asmaul husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami‘, al-‘Adl, an-Nafi‘, al-Basit, al-hafiz dan al-akhir
3.3. Memahami pengertian dan pentingnya memiliki akhlak husnuzzan, raja‘, dan taubat
3.4. Memahami pengertian dan pentingnya menghindari licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
3.5. Memahami adab islami ketika membesuk orang sakit
3.6. Menganalisis kisah keteguhan nabinabi Ulul Azmi
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
4.1. Menyajikan contoh praktik-praktik perbuatan syirik di masyarakat
4.2. Menghafalkan lafal-lafal Asmaul Husna
4.3. Melafalkan doa-doa taubat dari Al-Qur’an dan hadis
4.4. Menceritakan bahaya dari akhlak tercela licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
4.5. Mempraktikkan contoh akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit
4.6. Mencerikatan kisah keteguhan nabinabi Ulul Azmi’
2.5 Standart Kompetensi Akidah Akhlak Kelas XI Semester Ganjil
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Menghayati fungsi ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
Menghayati nilai-nilai positif dari adanya aliranaliran dalam ilmu kalam
Menghayati kewajiban menghindari perilaku dosa besar
Menghayati akhlak (adab) yang baik dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu
Menghayati keutamaan sifat Fatimatuzzahra dan Uways Al-Qorni
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Terbiasa berfikir kritis dan kreatif serta menghargai keberagaman dalam kehidupan sehari-hari
Membiasakan diri untuk menghargai perbedaan aliran-aliran yang ada dalam kehidupan bermasyarakat
Menghindari dampak negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi Narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
Membiasakan akhlak (adab) yang baik dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
Meneladani keutamaan sifat Fatimatuzzahra dan Umays Al-Qorni
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesiik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Memahami pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
Menganalisis pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murjiah, Syi’ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy‘ariyah, al-Maturidiyah, dan Mu‘tazilah)
Memahami dosa besar (mabuk-mabukan, mengkonsumsi Narkoba, berjudi, zina, pergaulan bebas dan mencuri)
Memahami akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
Menganalisis sifat-sifat utama Fatimatuzzahra dan Uways al-Qarni
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, sertamampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Menyajikan peta konsep pengertian, ruang lingkup, fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu lainnya
Menyajikan peta konsep pokok-pokok aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Murjiah, Syi’ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy‘ariyah, al-Maturidiyah, dan Mu‘tazilah)
Menunjukkan contoh perbuatan dosa besar di masyarakat dan akibatnya
Mensimulasikan akhlak (adab) berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari
Menceritakan kisah keteladanan Fatimatuzzahra dan Umaya Al-Qarni
Standart Kompetensi Akidah Akhlak Kelas XI Semester Genap
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Menghayati ajaran tasawuf untuk memperkukuh keimanan
Menghayati nilai-nillai tasawuf dalam kehidupan modern
Menghayati nilai-nilai positif dalam pergaulan remaja
Menyadari kewajiban menghindari akhlak tercela: israf, tabzir, dan bakhil 1.5 Menghayati nilai-nilai dari peristiwa kematian melalui takziyah
Menghayati keutamaan sifat sahabat Abdurrahman bin Auf dan Abu Dzar Al-Gifari
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan pro aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Membiasakan penerapan nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan sehari-hari
Membiasakan penerapan nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan modern
Menghindari perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan
Menghindari perbuatan israf, tabzir, dan bakhil dalam kehidupan sehari-hari
Membiasakan diri untuk melakukan takziah
Meneladani keutamaan sifat sahabat Abdurrahman bin Auf dan Abu Dzar al-Gifari
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesiik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Memahami pengertian, kedudukan dan sejarah tasawuf dalam Islam
Menganalisis fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern
Memahami pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Memahami pengertian dan bentuk israf, tabzir dan bakhil
Memahami akhlak (adab) yang baik ketika melakukan takziyah
Menganalisis kisah keteladanan sahabat Abdurrahman bin Auf dan Abu Dzar al-Gifari
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Menyajikan pengertian, kedudukan dan sejarah tasawuf dalam Islam
Memaparkan fungsi dan peranan tasawuf dalam keagamaan dan kehidupan modern
Menyajikan contoh-contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Menyajikan peta konsep contoh dan ciri-ciri perilaku israf, tabzir, dan bakhil
Mensimulasikan tatacara takziyah
Menceritakan kisah keteladanan sahabat Abdurrahman bin Auf dan Abu Dzar al-Gifari
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
1.1 Menyakini sifat-sifat Allah yang terkandung dalam tujuh Al-Asma Al-Husna: al- Gaffar, al- Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khaliq dan al-Hakim.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, (gotong-royong, kerjasama, toleran, damai, santun, responsive, dan pro aktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1 Terbiasa berperilaku amal shalih, toleransi, musawah dan ukhuwah dalam kehidupan sehari-hari.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
3.1 Memaparkan dampak negatif dari perilaku nifaq dan keras hati. (keras kepala).
Mengolah, menalar, manyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
4.1 Menghayati adab yang lebih baik dalam bergaul dengan orang sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis.
2.9 Standart Kompetensi Kelas XII Semester Ganjil
2.10 Standart Kompetensi Kelas XII Semester Ganjil
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
1.1 Menceritakan kisah keteladanan Al-Gazali Ibnu Sina
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, (gotong-royong, kerjasama, toleran, damai, santun, responsive, dan pro aktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif, sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya perilaku semangat berkompetensi (fastabiq al-Khairat) , Optimis, Dinamis, Inovatif dan Kreatif.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
3.1 Mempresentasikan pengertian dan perilaku tercela Fitnah, Namimah dan Ghibah.
Mengolah, menalar, manyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
4.1 Mempraktekkan akhlak (adab) membaca Al-Qur’an dan berdoa secara baik dan benar.
BAB III
PENUTUP
1. Simpulan (Conclution)
In the class of ten odd semester there are about 8 material taught. One of them is about adab on parents.
In the ten ond semester classes there are about 6 material taught. One of them is about seeing someone who is sick.
In class eleven out semester there are about 5 material taught. One of them is about noble character.
In the eleventh grade even semester there are about 5 material taught.
One of them is about the morality of adolescent association.
In the eleventh class twelve odd semester there are about 4 material taught. One of them is about association in islam. In the twelfth grade even se3mester there are about 5 material. One of them is about getting accustomed to morality.
2.Saran
Hendaknya seluruh pembaca makalah ini membaca sekaligus memahami setiap kompetensi dasar dan inti yang telah dituliskan agar menambah wawasan untuk kedepanya.Makalah ini dapat dijadikan pegangan awal bagi para guru maupun Mahasiswa yang bakal menjadi seorang guru.
DAFTAR PUSTAKA
Ali, Muhammad Daud. 2000.Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Alkin, DC. 1969. Evaluation Theory Development : Evaluation comment( Nem Bury Park LA: Sage.
Dinata, Nana Syaodih Sukma. 2012.Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kementrian Agama, 2014, Buku Siswa Akidah Akhlak Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia
Kementrian Agama, 2015, Buku Akidah Akhlak , Jakarta : Kementrian Agama Republik Indonesia.
Hamalik, 0emar. 2011.Manajemen Pengembangan Kurikulum.( Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Masy’ari, Anwar.1990. Akhlak Al-Qur’an, Surabaya: Bina Ilmu.
Nata, Abuddin.2001.Pemikiran Para Tokoh Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nurhayati, Anin. 2010. Kurikulum Inovasi, Yogyakarta: Teras.
S. Munzier, Hany Noer Aly. 2003.Watak Pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung Insan.
Syah, Muhibbin. 2005.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Rosdakarya.
Yunus, H. Mahmud. 1972.Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: PT Hidakarya Agung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar